Hasil Survei IKM Pengguna Layanan UHO 2021

Latar Belakang

Penyelenggaraan fungsi organisasi berdasarkan kaidah-kaidah manajemen yang baik adalah dalam rangka pemberian layanan yang bermutu dan berkesinambungan kepada pengguna. Demikian pula pola pelayanan yang selama ini diterapkan oleh Universitas Halu Oleo mengedepankan prinsip dan standar yang sudah memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, kualitas manajemen maupun mutu layanan yang diharapkan pengguna jasa (customer satisfaction) bersifat subjektif/individual, kompleks dan beragam, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk memperoleh informasi akurat terhadap mutu pengelolaan layanan dan dampaknya, diperlukan pengukuran tingkat keberhasilan layanan berupa Survei Kepuasan Pengguna UHO.

Survei Kepuasan Pengguna Layanan UHO ini dimaksudkan memberikan informasi akurat dan terpercaya sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan yang ada di UHO. Survei dilakukan guna mengetahui kelemahan atau kekurangan dari kinerja yang diukur melalui atribut-atribut pelayanan. Diharapkan hasil survei dapat memberikan informasi bagi sivitas akademika sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam hal faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan. Cakupan responden adalah penerima pelayanan yang masuk dalam kategori: Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan, Alumni, Pengguna Lulusan, dan Mitra.

Hasil survei akan digunakan untuk perbaikan mutu pelayanan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan, prioritas, dan kemampuan keuangan, sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana yang tersedia. Untuk memenuhi tuntutan pengguna jasa, UHO berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan secara berkesinambungan (continuous improvement) sesuai ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang wajib diberikan kepada pengguna. Akhir kata, kami segenap pimpinan dan staf LPPMP UHO mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, semoga bernilai ibadah, Amin.

REKAPITULASI HASIL SURVEI

No Unsur Pelayanan NRR Index (%) Mutu Layanan Kinerja Unit Layanan Tingkat Kepuasan
1 Mahasiswa 75.81 B Baik Puas
2 Dosen 75.12 B Baik Puas
3 Tenaga Kependidikan 77.59 B Baik Puas
4 Alumni 79.39 B Baik Puas
5 Pengguna Lulusan 85.18 A Sangat Baik Sangat Puas
6 Mitra 81.07 B Baik Puas
  NRR Unsur Layanan 79.03 B Baik Puas

KESIMPULAN

Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan UHO 2021, sebagai berikut:

Total Unsur Responden 6
NRR Unsur 79.03
Mutu Pelayanan B
Kinerja Unit Layanan Baik
Tingkat Kepuasan Puas

Hasil pengukuran IKM versi Menpan RB terhadap Mutu Pelayanan UHO 2021, sebagai berikut:

Total Unsur Layanan 11
NRR IKM 3.01
IKM Konversi 75.19
Mutu Pelayanan B
Kinerja Unit Layanan Baik

Tingkat Kepuasan Pengguna dan Mutu Layanan Pendidikan UHO 2021, sebagai berikut:

TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA DAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN UHO 2021
NRR                           : 77.11
Mutu Layanan   : B
Kinerja Unit Layanan : Baik
Tingkat Kepuasan   : Puas

 


DAFTAR DOKUMEN

  1. Kuesioner Survei Kepuasan Pengguna UHO
  2. Hasil Validasi Instrumen Kepuasan Pengguna
  3. LAPORAN SURVEI KEPUASAN PENGGUNA 2021