Monev Pembelajaran UHO 2021

Ringkasan Laporan

Monev Pembelajaran UHO Tahun 2021

 


 

LATAR BELAKANG

Monev Pembelajaran merupakan proses yang sistematis untuk memantau dan mengevaluasi efektivitas proses pembelajaran di UHO. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai, serta untuk mengidentifikasi potensi perbaikan yang dapat dilakukan demi peningkatan kualitas pembelajaran di masa yang akan datang. Urgensi kegiatan ini terletak pada evaluasi kesesuaian antara standar pelayanan dan implementasinya, keterukuran atau akuntabilitas hasilnya, serta kelangsungan aktivitas sebagai dampak dari pelaksanaan standar pembelajaran itu sendiri.

Proses Monev Pembelajaran melibatkan berbagai kegiatan, seperti pengumpulan data, analisis hasil belajar mahasiswa, evaluasi metode pengajaran dan materi pembelajaran, serta penilaian terhadap kinerja dosen dan staf akademik lainnya. Hasil dari proses ini dapat digunakan untuk mengambil keputusan strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, merancang program pengembangan profesional untuk dosen, dan mengidentifikasi kebijakan atau inovasi baru yang diperlukan.

Melalui laporan ini, diharapkan dapat diidentifikasi berbagai pencapaian yang telah dicapai, tantangan yang dihadapi, serta rekomendasi perbaikan untuk memperkuat sistem pembelajaran di UHO. Dengan demikian, UHO dapat terus bergerak maju menuju pencapaian visi dan misi sebagai lembaga pendidikan unggulan yang berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan bangsa.

Tujuan

Tujuan dari Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran (Monev Pembelajaran) di Universitas Halu Oleo (UHO) mencakup beberapa aspek penting:

  1. Memastikan Kualitas Pembelajaran: Monev Pembelajaran bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi kualitas pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa. Hal ini mencakup penilaian terhadap metode pengajaran, materi pembelajaran, serta lingkungan belajar yang mempengaruhi proses pembelajaran.
  2. Mengukur Capaian Pembelajaran: Salah satu tujuan utama Monev Pembelajaran adalah untuk mengukur sejauh mana mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini melibatkan evaluasi terhadap pemahaman konsep, keterampilan, dan kompetensi yang diperoleh mahasiswa selama proses pembelajaran.
  3. Identifikasi Kebutuhan Perbaikan: Melalui proses monitoring dan evaluasi, institusi pendidikan dapat mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat meliputi pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, atau penyediaan sumber daya yang lebih baik bagi mahasiswa.
  4. Mendukung Pengambilan Keputusan: Hasil dari Monev Pembelajaran memberikan informasi yang penting bagi pimpinan universitas atau fakultas dalam pengambilan keputusan terkait dengan perbaikan sistem pembelajaran, alokasi sumber daya, dan pengembangan kebijakan pendidikan.
  5. Mendorong Inovasi Pembelajaran: Monev Pembelajaran juga dapat menjadi sumber inspirasi untuk inovasi dalam pembelajaran. Melalui identifikasi terhadap praktik-praktik yang efektif, institusi pendidikan dapat mendorong pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efisien.

 

Sasaran

  1. Peningkatan Pengetahuan: Sasaran ini berkaitan dengan peningkatan tingkat pengetahuan peserta dalam topik atau materi pembelajaran tertentu.
  2. Peningkatan Keterampilan: Sasaran ini berfokus pada pengembangan keterampilan praktis atau kemampuan teknis peserta. Contohnya bisa berupa meningkatkan kemampuan menulis karangan atau meningkatkan keterampilan pemrograman komputer.
  3. Perubahan Sikap: Sasaran ini mencakup perubahan dalam sikap, nilai, atau keyakinan peserta sebagai hasil dari partisipasi dalam program pembelajaran. Misalnya, meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konservasi lingkungan.
  4. Peningkatan Kinerja: Sasaran ini berkaitan dengan peningkatan kinerja peserta dalam konteks tertentu, seperti meningkatkan hasil tes, tingkat kehadiran, atau partisipasi dalam diskusi.
  5. Pengembangan Kompetensi: Sasaran ini fokus pada pengembangan kompetensi atau kualifikasi tertentu yang diperlukan untuk sukses dalam suatu bidang atau profesi. Contohnya bisa berupa peningkatan kemampuan kepemimpinan atau keterampilan manajerial.
  6. Peningkatan Retensi Informasi: Sasaran ini menekankan pada kemampuan peserta untuk menyimpan dan mengingat informasi yang dipelajari dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, meningkatkan retensi informasi setelah pelatihan karyawan.
  7. Peningkatan Penerapan Pengetahuan: Sasaran ini mengacu pada kemampuan peserta untuk menerapkan pengetahuan yang dipelajari dalam situasi nyata atau dalam konteks pekerjaan mereka. Contohnya bisa berupa kemampuan menerapkan strategi pemasaran yang dipelajari dalam lingkungan bisnis.

 

Keluaran

  1. Laporan Monev Pembelajaran: Dokumen yang berisi hasil analisis data, temuan, dan rekomendasi berdasarkan proses pemantauan dan evaluasi pembelajaran. Laporan ini memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja program pembelajaran.
  2. Grafik atau Diagram: Visualisasi data seperti grafik garis, grafik batang, atau diagram lingkaran yang menggambarkan tren atau pola dalam hasil pemantauan dan evaluasi.
  3. Data Kuantitatif: Data numerik yang mencerminkan kinerja atau pencapaian dalam program pembelajaran, seperti hasil tes, tingkat kehadiran, atau skor evaluasi.
  4. Data Kualitatif: Informasi deskriptif atau naratif yang diperoleh melalui observasi, wawancara, atau tinjauan dokumentasi, yang memberikan konteks dan pemahaman lebih dalam tentang pengalaman peserta dan efektivitas pembelajaran.
  5. Rekomendasi Perbaikan: Saran atau langkah-langkah yang diusulkan berdasarkan temuan dari Monev Pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas program pembelajaran di masa depan. Ini bisa berupa perbaikan dalam desain kurikulum, metode pengajaran, atau pengelolaan kelas.
  6. Kesimpulan: Ringkasan dari hasil analisis data dan evaluasi, termasuk penilaian tentang sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan implikasinya terhadap program pembelajaran secara keseluruhan.
  7. Dashboard Monev: Alat visualisasi yang interaktif dan mudah dipahami yang menyajikan informasi kunci tentang kinerja program pembelajaran dalam waktu nyata atau secara teratur.

 


INSTRUMEN MONEV PEMBELAJARAN

No Pernyataan Skala Likert
5 4 3 2 1
1 Dosen menyampaikan tujuan/capaian pembelajaran mata kuliah
2 Dosen menyampaikan ruang lingkup materi pembelajaran
3 Dosen menyampaikan pentingnya mata kuliah terhadap kompetensi lulusan
4 Dosen menyampaikan kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa dalam proses perbelajaran
5 Dosen menggunakan media pembelajaran selama perkuliahan
6 Dosen menyampaikan sumber acuan yang dirujuk dalam perkuliahan (buku teks, buku elektronik, jurnal, dll.)
7 Dosen menyampaikan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam perkuliahan
8 Dosen menjelaskan tentang cara penilaian hasil pembelajaran
9 Dosen menjelaskan aspek/komponen penilaian
10 Dosen menjelaskan tata tertib (aturan kehadiran, etika, sanksi) dalam proses perkuliahan
11 Dosen memberikan tanggapan terhadap pertanyaan dan pendapat mahasiswa dengan baik
12 Dosen melakukan umpan balik terhadap hasil tugas dan nilai ujian mahasiswa
13 Kesesuaian materi pembelajaran dan tugas dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
14 Kesesuaian soal ujian dengan materi yang disampaikan Dosen
15 Kepedulian Dosen terhadap kesulitan mahasiswa

 


TABEL KATEGORISASI KINERJA & MUTU LAYANAN

Nilai PersepsiNilai Interval (NI)Nilai Interval Konversi (NIK)Mutu PelayananKinerja Unit Pelayanan
11,00 – 2,599625,00 – 64,99DTidak Baik
22,60 – 3,06465,00 – 76,60CKurang Baik
33,0644 – 3,53276,61 – 88,30BBaik
43,5324 – 4,0088,31 – 100,00ASangat Baik

Sumber:  Permen PAN-RB No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan  Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

 


HASIL MONEV PEMBELAJARAN UHO

TAHUN 2021

 

No Pernyataan/Pertanyaan/Kriteria/Indikator Tahun 2021
Nilai/Skor Nilai Konversi Mutu
1 Penyampaian tujuan Mata Kuliah 3.46 69.20 B
2 Penyampaian ruang lingkup materi 4.32 86.40 A
3 Penyampaian pentingnya Mata Kuliah 3.58 71.60 B
4 Penyampaian jenis kegiatan 3.64 72.80 B
5 Penggunaan media pembelajaran 3.42 68.40 C
6 Penyampaian sumber acuan yang dirujuk 4.29 85.80 A
7 Penyampaian tugas dalam perkuliahan 3.53 70.60 B
8 Penjelasan cara penilaian hasil pembelajaran 4.32 86.40 A
9 Penjelasan aspek/komponen penilaian 3.62 72.40 B
10 Penjelasan tata tertib dalam perkuliahan 4.41 88.20 A
11 Pemberian tanggapan terhadap pertanyaan 4.34 86.80 A
12 Pemberian umpan balik hasil tugas dan nilai ujian 3.53 70.60 B
13 Kesesuaian materi pembelajaran dan tugas dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) 3.55 71.00 B
14 Kesesuaian soal ujian dengan materi 4.33 86.60 A
15 Kepedulian Dosen terhadap kesulitan mahasiswa 3.60 72.00 B
Nilai Rata-Rata (NRR) 3.86 77.25 B