KATA PENGANTAR
Universitas Halu Oleo menyelenggarakan fungsi organisasinya berdasarkan prinsip-prinsip manajemen yang baik, dengan fokus memberikan layanan yang berkualitas dan berkesinambungan kepada pengguna. Pola pelayanan yang telah diimplementasikan oleh universitas ini mengedepankan prinsip dan standar sesuai dengan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Walaupun demikian, kualitas manajemen dan kepuasan pengguna terhadap layanan bersifat subjektif, kompleks, dan beragam seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai efektivitas pengelolaan layanan dan dampaknya, Universitas Halu Oleo (UHO) merasa penting untuk melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran Semester Ganjil 2022/2023 UHO. Monev ini dirancang sebagai alat evaluasi yang dapat diandalkan untuk mengukur kualitas layanan di UHO. Melalui Monev Pembelajaran ini, kami bertujuan untuk mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dalam penyelenggaraan layanan, dengan memperhatikan berbagai aspek pelayanan. Kami berharap bahwa hasil Monev Pembelajaran ini akan memberikan wawasan yang berharga kepada seluruh komunitas akademik, serta menjadi landasan untuk perbaikan terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan.
Monev Pembelajaran ini melibatkan pihak penerima layanan pembelajaran, terutama mahasiswa, sementara dosen yang mewakili UHO sebagai pihak pemberi dan/atau penyedia pelayanan pembelajaran. Hasil Monev Pembelajaran akan menjadi dasar utama bagi upaya peningkatan kualitas layanan, yang akan disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan, prioritas, dan ketersediaan sumber daya yang ada. Sejalan dengan komitmen UHO untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa, kami berkomitmen secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan pembelaran sesuai dengan standar pelayanan dasar yang diwajibkan.
Kami, pimpinan dan staf Lembaga Penjaminan Mutu Pembelajaran (LPPMP) UHO, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi. Semoga setiap upaya yang dilakukan dapat menjadi bagian dari ibadah yang bernilai.
DAFTAR DOKUMEN MONEV PEMBELAJARAN 2023
Table LINK Monev Pembelajaran UHO
No | Alamat Situs/Websites | Keterangan |
1 | https://siakadbeta.uho.ac.id/ | Link Pengisian Kuesioner Monev Pembelajaran untuk Mahasiswa, terhubung dengan Akun Mahasiswa, Mata Kuliah, dan Nama Dosen Pengampu |
2 | http://sipk.uho.ac.id/pembelajaran | Link Pemantauan Isian Kuesioner Monev untuk Kajur/Kaprodi/LPPMP |
RINGKASAN LAPORAN
HASIL MONEV PEMBELAJARAN UNIVERSITAS HALU OLEO
TAHUN 2023
TABEL KATEGORISASI KINERJA & MUTU LAYANAN
Nilai Persepsi | Nilai Interval (NI) | Nilai Interval Konversi (NIK) | Mutu Pelayanan | Kinerja Unit Pelayanan |
---|---|---|---|---|
1 | 1,00 – 2,5996 | 25,00 – 64,99 | D | Tidak Baik |
2 | 2,60 – 3,064 | 65,00 – 76,60 | C | Kurang Baik |
3 | 3,0644 – 3,532 | 76,61 – 88,30 | B | Baik |
4 | 3,5324 – 4,00 | 88,31 – 100,00 | A | Sangat Baik |
Sumber: Permen PAN-RB No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
HASIL MONEV PEMBELAJARAN UHO
TAHUN 2023
No | Pernyataan/Pertanyaan/Kriteria/Indikator | Nilai/ Skor | Nilai Konversi | Mutu Pembelajaran | Kinerja/Layanan Dosen |
---|---|---|---|---|---|
1 | Penyampaian tujuan Mata Kuliah | 3.59 | 71.80 | B | Baik |
2 | Penyampaian ruang lingkup materi | 4.36 | 87.20 | B | Baik |
3 | Penyampaian pentingnya Mata Kuliah | 3.63 | 72.60 | B | Baik |
4 | Penyampaian jenis kegiatan | 3.69 | 73.80 | B | Baik |
5 | Penggunaan media pembelajaran | 3.47 | 69.40 | B | Baik |
6 | Penyampaian sumber acuan yang dirujuk | 4.34 | 86.80 | B | Baik |
7 | Penyampaian tugas dalam perkuliahan | 3.58 | 71.60 | B | Baik |
8 | Penjelasan cara penilaian hasil pembelajaran | 4.37 | 87.40 | B | Baik |
9 | Penjelasan aspek/komponen penilaian | 3.67 | 73.40 | B | Baik |
10 | Penjelasan tata tertib dalam perkuliahan | 4.42 | 88.40 | A | Sangat Baik |
11 | Pemberian tanggapan terhadap pertanyaan | 4.39 | 87.80 | B | Baik |
12 | Pemberian umpan balik hasil tugas dan nilai ujian | 3.56 | 71.20 | B | Baik |
13 | Kesesuaian materi pembelajaran dan tugas dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) | 3.60 | 72.00 | B | Baik |
14 | Kesesuaian soal ujian dengan materi | 4.38 | 87.60 | B | Baik |
15 | Kepedulian Dosen terhadap kesulitan mahasiswa | 3.64 | 72.80 | B | Baik |
Nilai Rata-Rata (NRR) | 3.91 | 78.25 | B | Baik | |
INSTRUMEN MONEV PEMBELAJARAN
No | Pernyataan | Skala Likert | ||||
---|---|---|---|---|---|---|
5 | 4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Dosen menyampaikan tujuan/capaian pembelajaran mata kuliah | |||||
2 | Dosen menyampaikan ruang lingkup materi pembelajaran | |||||
3 | Dosen menyampaikan pentingnya mata kuliah terhadap kompetensi lulusan | |||||
4 | Dosen menyampaikan kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa dalam proses perbelajaran | |||||
5 | Dosen menggunakan media pembelajaran selama perkuliahan | |||||
6 | Dosen menyampaikan sumber acuan yang dirujuk dalam perkuliahan (buku teks, buku elektronik, jurnal, dll.) | |||||
7 | Dosen menyampaikan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam perkuliahan | |||||
8 | Dosen menjelaskan tentang cara penilaian hasil pembelajaran | |||||
9 | Dosen menjelaskan aspek/komponen penilaian | |||||
10 | Dosen menjelaskan tata tertib (aturan kehadiran, etika, sanksi) dalam proses perkuliahan | |||||
11 | Dosen memberikan tanggapan terhadap pertanyaan dan pendapat mahasiswa dengan baik | |||||
12 | Dosen melakukan umpan balik terhadap hasil tugas dan nilai ujian mahasiswa | |||||
13 | Kesesuaian materi pembelajaran dan tugas dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) | |||||
14 | Kesesuaian soal ujian dengan materi yang disampaikan Dosen | |||||
15 | Kepedulian Dosen terhadap kesulitan mahasiswa |