SEKILAS PEKERTI & AA UHO

Latar Belakang Pelaksanaan Pelatihan PEKERTI dan Applied-Approach (AA) di Universitas Halu Oleo (UHO)

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Pelatihan Applied-Approach (AA) merupakan upaya konkret dari Ditjen Dikti dalam meningkatkan kompetensi profesional dosen di Indonesia. Kedua program pelatihan ini, kemudian diadopsi oleh Universitas Halu Oleo (UHO) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran di lingkungan akademiknya. Dengan harapan bahwa dengan mengikuti dan menerapkan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam kedua pelatihan ini, diharapkan dosen UHO dapat menjadi fasilitator pembelajaran yang lebih efektif dan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan.

Pelatihan PEKERTI

Pelatihan PEKERTI di UHO adalah sebuah program yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pengajaran di lingkungan akademik. Dosen (terutama dosen muda) di UHO berpartisipasi dalam pelatihan ini untuk memperoleh keterampilan dasar dalam merancang kurikulum, mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Pelatihan ini meliputi berbagai topik seperti desain pembelajaran berbasis kompetensi, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, strategi evaluasi yang sesuai, dan pengelolaan kelas yang efektif.

Selain itu, pelatihan PEKERTI juga memberikan kesempatan kepada dosen untuk mempraktikkan keterampilan yang mereka pelajari melalui simulasi pengajaran, diskusi kelompok, dan proyek penelitian terapan. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya berfokus pada peningkatan pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam konteks pengajaran di kelas.

Fokus utamanya adalah pada pengembangan keterampilan dasar teknik instruksional bagi para dosen. Melalui pelatihan ini, dosen diberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek penting dalam proses pembelajaran, seperti:

  • Desain Kurikulum: Dosen belajar merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan tuntutan pasar kerja, serta memperhitungkan perkembangan terkini dalam bidang studi mereka.
  • Strategi Pembelajaran: Dosen mendapatkan pengetahuan tentang berbagai strategi pembelajaran yang efektif, baik dalam konteks kelas tradisional maupun pembelajaran jarak jauh.
  • Evaluasi Pembelajaran: Dosen diberikan keterampilan dalam mengevaluasi hasil pembelajaran secara sistematis untuk memastikan pencapaian tujuan pembelajaran.
  • Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: Pelatihan Pekerti juga mencakup pengenalan terhadap berbagai teknologi pendidikan yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, seperti Learning Management Systems (LMS) dan aplikasi pembelajaran interaktif.

Pelatihan AA (Applied Approach)

Dalam konteks tersebut, program Pelatihan Applied Approach (AA) yang dirancang oleh Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pedagogik dosen di perguruan tinggi di Indonesia. Program ini merupakan respons terhadap perubahan dinamika pendidikan tinggi dan kebutuhan akan dosen yang memiliki keterampilan instruksional yang kuat.

Program Pelatihan AA fokus pada penerapan pendekatan pembelajaran yang terkini dan relevan dengan kebutuhan dunia industri dan masyarakat. Melalui pelatihan ini, dosen diberikan kesempatan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep dan praktik Applied-Approach, serta bagaimana mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran di kelas.

Program Pelatihan AA bertujuan untuk memperkuat kapasitas dosen dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada penerapan konsep-konsep teoritis ke dalam konteks praktis. Dalam pelatihan ini, dosen diberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana mengintegrasikan teori dengan aplikasi praktis dalam pembelajaran. Aspek-aspek yang diajarkan dalam pelatihan AA mencakup:

  • Penerapan Konsep Teori: Dosen belajar bagaimana menerapkan konsep-konsep teoritis ke dalam situasi-situasi dunia nyata, sehingga mahasiswa dapat memahami relevansi dan aplikabilitas materi yang dipelajari.
  • Studi Kasus dan Proyek Lapangan: Pelatihan AA sering kali melibatkan studi kasus dan proyek lapangan yang memungkinkan mahasiswa untuk mengalami penggunaan konsep-konsep teoritis dalam situasi praktis.
  • Kemitraan dengan Industri: Dosen didorong untuk menjalin kemitraan dengan industri dan lembaga terkait untuk memfasilitasi pembelajaran yang berorientasi pada dunia kerja dan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proyek-proyek praktis.

LINK KEGIATAN & LAPORAN

  1. PEKERTI & AA 2024
  2. PEKERTI & AA 2023
  3. PEKERTI & AA 2022
  4. PEKERTI & AA 2021