KEWENANGAN MELAKSANAKAN PELATIHAN PEKERTI & APPLIED-APPROACH
Kemdikbudristek, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, secara resmi mengumumkan hasil evaluasi penyelenggara pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA) pada tanggal 29 November 2023. Surat dengan nomor 6766/E4/DT.04.01/2023 ini menyatakan bahwa Universitas Halu Oleo (UHO) berhasil memenuhi kriteria sebagai penyelenggara pelatihan PEKERTI/AA untuk pemenuhan persyaratan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (Serdos).
Setelah berhasil memenuhi kriteria sebagai penyelenggara pelatihan PEKERTI/AA untuk pemenuhan persyaratan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (Serdos), Universitas Halu Oleo (UHO) akan mengalami beberapa konsekuensi terkait dengan Sertifikat Pelatihan PEKERTI yang dikeluarkan:
- Penggunaan Sertifikat untuk Sertifikasi Dosen: Sertifikat pelatihan PEKERTI yang dikeluarkan oleh UHO dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk mengajukan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (Serdos). Ini merupakan langkah penting dalam proses pengembangan karir akademik bagi para dosen di UHO.
- Pengakuan oleh Pihak Terkait: Sertifikat tersebut akan diakui oleh lembaga-lembaga terkait di bidang pendidikan tinggi, riset, dan teknologi di Indonesia. Hal ini dapat membantu meningkatkan citra dan kredibilitas UHO sebagai penyelenggara pendidikan yang berkualitas.
- Penggunaan untuk Keperluan Lain: Selain untuk Sertifikasi Dosen, sertifikat pelatihan PEKERTI dari UHO juga dapat digunakan untuk keperluan lain yang membutuhkan keterampilan dasar teknik instruksional dan pendekatan terapan dalam konteks pendidikan dan pengembangan profesional.
- Peningkatan Kualitas Pengajaran: Pelatihan PEKERTI dan AA yang diselenggarakan oleh UHO dan diakui oleh otoritas pendidikan tinggi Indonesia dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran di lingkungan akademik, sehingga berpotensi berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia secara keseluruhan.
Mekanisme dan Rancangan
Mekanisme dan rancangan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut.
- Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan, simulasi, dan praktik.
- Strategi pelaksanaan kegiatan Active Learning (LA) berbentuk Teori-Praktik (Teori 50% dan Praktik 50%).
- Peserta pelatihan terdiri atas 37 orang dosen, peserta tergolong dosen muda dari semua fakultas di Universitas Halu Oleo, yang melakukan melakukan registrasi.
- Materi Pelatihan dan Narasumber yang telah memiliki sertifikat TOT, adalah sebagai berikut.
Materi Pelatihan PEKERTI dan Narasumber
No | Materi Pelatihan | Sesi | Narasumber |
1 | Kebijakan Pendidikan Tinggi | 1 | REKTOR |
2 | Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 | 2 | Dr. Mursalim, S.Pd. M.Pd, M.Inf,tech. |
3 | Pendidikan sebagai Sistem | 2 | Dr. Mursalim, S.Pd. M.Pd, M.Inf,tech. |
4 | Sertifikasi dan Beban Kerja Dosen | 2 | Dr. La Ndia, M.Kes |
5 | Etika dan Moral Pembelajaran | 2 | Prof.Dr.Ir. La Ode Nafiu, M.Si., I.P.U. |
6 | Teori Belajar dan Teori Motivasi | 2 | Dr. La Ode Nggawu, M.Si |
7 | Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa | 2 | Dr. Putu Arimbawa, SP., M.Si. |
8 | Kurikulum PT berbasis OBE | 3 | Dr.La Ode Santiaji Bande,SP.,MP |
9 | Anatomi dan Taksonomi Capaian Pembelajaran | 3 | Prof. Indriyani Nur, S.Pi., M.Si., Ph.D |
10 | Penyusunan Capaian Pembelajaran (CPL, CPMK, Sub CPMK) | 3 | Prof. Indriyani Nur, S.Pi., M.Si., Ph.D |
11 | Penyusunan RPS | 3 | Dr.La Ode Santiaji Bande,SP., MP. |
12 | Pengukuran CPL yang dibebankan pada MK | 3 | Dr.La Ode Santiaji Bande,SP., MP. |
13 | Penilaian Capaian Pembelajaran | 3 | Dr. Ramly, M.Pd |
14 | Penyusunan Rubrik CP | 2 | Prof. Dr. Jamili, M.Si. |
15 | Assesment Hasil Pembelajaran | 2 | Dr. Busnawir, M.Si. |
16 | Bentuk dan Metode Pembelajaran | 3 | Dr. Aceng Haetami, M.Si |
17 | Pembelajaran dalam Tim | 2 | Prof. Dr. Sahidin |
18 | Pembelajaran di Laboratorium | 3 | Prof. Dr. Sri Wahyuni, M.Si |
19 | Pembelajaran di Lapangan | 2 | Dr.Weka Gusmiarty Abdullah, M.P. |
20 | Pengenalan Blended Learning | 3 | Dr. Saefuddin, S.Pd., M.Si. |
21 | Model-model Pembelajaran Inovatif | 3 | Dr. Nana Sumarna, S.Pd., M.Kes |
22 | Media Pembelajaran | 3 | Dr. Muh.Aswan Zanynu,S.Sos., M.Si. |
23 | Dasar-dasar Komunikasi | 2 | Dr. Muh. Amir, M.Si |
24 | Keterampilan Dasar Mengajar | 2 | Prof. Drs. Asrul Sani, M.Sc., Ph.D |
25 | Penyusunan Portofolio Pembelajaran (Mata Kuliah) | 3 | Dr. Ernawati, SE.,M.Si |
26 | Teknik Presentasi | 2 | Dr. La Agusu, M.Sc |
27 | Praktik Mengajar (Micro Teaching) | 7 | Tim |
28 | Publikasi Artikel Ilmiah | 2 | Prof. Dr. Muhammad Arba, M.Si. |
29 | Tugas Mandiri | Tim | |
A. Penyusunan Capaian Pembelajaran (CPL, CPMK, Sub CPMK) | 4 | ||
B. Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) | 4 | ||
C. Pengukuran CPL yang dibebankan pada MK | 4 | ||
D. Blended Learning | 4 | ||
E. Penyusunan Portofolio Pembelajaran (Mata Kuliah) | 4 | ||
Total Sesi | 85 |
PESERTA PELATIHAN PEKERTI YANG LULUS TAHUN 2024
UNIVERSITAS HALU OLEO (5-9 MARET 2024)
NO | NAMA | FAKULTAS |
1 | Citra Marhan, S.KM., M.A. | FKIP |
2 | Dr. Muhtar Asshagab, S.Pd., M.Pd. | FKIP |
3 | Sayahdin Alfat, S.Pd., M.Si., M.Sc., Ph.D. | FKIP |
4 | Eva Herik, S.Psi., M.Psi., Psikolog. | FKIP |
5 | Fitriaman, SE., MSA. | FEB |
6 | Dr. Enny Wati, SE., M.Si. | FEB |
7 | Sabri, SE.,M.Si. | FEB |
8 | Dr. La Ode Mahmud, S.Si., M.Si. | FISIP |
9 | Muhammad Djufri Rachim, S.P., M.Si. | FISIP |
10 | Iriyani Astuti Arief, S.IP.,M.Si. | FISIP |
11 | La Ode Rustam, S.P., M.Sc. | FP |
12 | Dr. Saenuddin, S.Pi., M.Si. | FMIPA |
13 | Muhammad Ilham Kadar, S.T., M.T. | FMIPA |
14 | Laode Ihksan Juarzan, S.Si., M.Sc. | FMIPA |
15 | Anafi Minmahddun | F. TEKNIK |
16 | I Made Krisna Adhi Dahrma, ST., M.Sc | F. TEKNIK |
17 | La Ode Muhammad Taufiq Afoeli, S.H., M.H. | F. HUKUM |
18 | Idris Saputa, S.H., M.H | F. HUKUM |
19 | Risfandi, S.Pi., M.M. | FPIK |
20 | Bobby Afyudi, S.Pi., M. | FPIK |
21 | Hafidah Nur, S.P., M.Si | FHIL |
22 | Listy Handayani, S. KM., M.P.H | FKM |
23 | Siti Nurfadilah H., S.KM., M.P.H. | FKM |
24 | Asniar Pascayantri, S.Si., M.Si., Apt. | F. FARMASI |
25 | apt. Vica Aspadiah, S.Farm., M.S.Farm. | F. FARMASI |
26 | Dr. Hasnawati, S.Si., M.Sc. | F. FARMASI |
27 | Rifa’atul Mahmudah, S.Farm., M.Farm., Apt. | F. FARMASI |
28 | Arfiyan Sukmadi, S.ST., M.Tr.Kep. | FKEDOKTERAN |
29 | Dr. Dewi Nugrahwati Putri, Sp.M. | FKEDOKTERAN |
30 | drh. Fadli Ma’mun Pancar Sm., M.Sc. | FPETERNAKAN |
31 | Nurjannah, S.S., M.A. | FIB |
32 | Hidayah Rahman, S.Pd., M.Si. | FIB |
33 | Hasni Hasan, S.Pd., M.Si. | FIB |
34 | Junartin Teke, S.Si., M.Eng. | FHIL |
35 | Apt. Loly Subhiaty Idrus, S.Farm., M.S.Farm. | F. FARMASI |
36 | Ismail Saleh, S.Si., M.Si. | FMIPA |
PELAKSANAAN PELATIHAN
Selama tiga tahun terakhir, pelaksanaan Pelatihan PEKERTI di Universitas Halu Oleo (UHO) telah mengadopsi metode “Hybrid atau Blended Learning”, yang menggabungkan pembelajaran tatap muka di kelas dengan penggunaan Learning Management System (LMS) E-Green SPADA UHO. Metode tatap muka dirancang untuk memberikan pengalaman belajar “real time”, memungkinkan semua peserta berinteraksi secara langsung dengan instruktur. Pendekatan ini sangat penting mengingat banyaknya materi yang harus disampaikan dan padatnya jadwal sesi materi.
Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, pelatihan ini juga didukung oleh e-learning, di mana peserta dapat mengerjakan soal kuis secara online, baik pre-test maupun post-test. Selain itu, LMS menyediakan berbagai materi pelatihan, forum diskusi, dan penugasan yang dapat diakses peserta kapan saja. Kombinasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi proses pembelajaran, memastikan bahwa semua peserta dapat mengikuti dan memahami materi secara mendalam.
Oleh karena itu, para peserta pelatihan PEKERTI di Universitas Halu Oleo (UHO) diminta untuk dapat mengikuti setiap sesi pelatihan dengan sungguh-sungguh. Mereka diharapkan hadir tepat waktu dalam setiap pertemuan, membaca dan memahami materi pelatihan dengan seksama, serta aktif berpartisipasi dalam diskusi dan kegiatan yang diselenggarakan.
Selain itu, para peserta juga diminta untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh narasumber atau instruktur pelatihan. Tugas tersebut dirancang untuk menguji pemahaman dan penerapan konsep-konsep yang diajarkan dalam pelatihan serta membantu peserta untuk mengembangkan keterampilan dasar teknik instruksional dan pendekatan terapan yang menjadi fokus pelatihan.
Dengan komitmen dan partisipasi aktif dari para peserta, diharapkan pelatihan PEKERTI di UHO dapat memberikan manfaat yang maksimal dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi para tenaga pengajar, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.