PELATIHAN APPLIED APPROACH (AA) UHO 2024

Link Pendaftaran Peserta Pelatihan Applied Approach (AA) UHO 2024

Persyaratan: Melampirkan Surat Tugas dari Dekan/Direktur

 


SEKILAS PELATIHAN AA

Program Pelatihan Applied Approach (AA) adalah program pelatihan yang dirancang oleh LPPMP UHO untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dosen. Keterampilan dalam pembelajaran memerlukan latihan dan peningkatan yang berkelanjutan. Program AA dirancang sebagai lanjutan dari program PEKERTI. Berdasarkan Surat Dirjen Ristekdikti Nomor: 1636/E4/DT.04.01/2024 tanggal 16 Mei 2024 tentang Pembaharuan Penetapan Penyelenggara Pekerti/AA Tahun 2024, UHO ditetapkan sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara program PEKERTI dan AA di Indonesia. Program ini bertujuan untuk melatih dosen agar memiliki pemahaman mendalam tentang pembelajaran.


TUJUAN PELATIHAN

  1. Meningkatkan Keterampilan Pedagogik: Mengembangkan kemampuan dosen dalam merancang pembelajaran aktif dan memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar.
  2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Membantu dosen merancang pembelajaran yang efektif dan melakukan evaluasi yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  3. Meningkatkan Kompetensi Profesional: Mengembangkan kompetensi keilmuan dosen melalui penelitian dan publikasi, serta memahami etika profesi dan profesionalisme.
  4. Meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Kelas: Meningkatkan kemampuan dosen dalam mengelola kelas secara efektif dan berkomunikasi dengan mahasiswa secara baik.
  5. Mendukung Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE: Membekali dosen dengan pemahaman dan keterampilan untuk menerapkan konsep Outcome-Based Education (OBE).
  6. Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif: Mendorong kerja sama antar dosen dan menjalin kolaborasi dengan industri serta pemangku kepentingan lainnya.

 


MATERI PELATIHAN

No Materi Pelatihan
1 Kebijakan  Pendidikan Tinggi dan MBKM
2 Etika dan Moral Pembelajaran
3 Peningkatan Mutu Berkelanjutan dalam  Proses Pembelajaran MK (Siklus PPEPP)
4 Pengembangan  Kurikulum Berbasis OBE
5 Konstruktivisme Dalam Pembelajaran
6 Kontrak Pembelajaran Rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
7 Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas
8 Metode Pembelajaran Partisipatif/Student Centre Learning (SCL)
9 Penyusunan Modul/Buku Ajar+ Praktek
10 Ragam Media Pembelajaran Berbasis E-llearning
11 Praktikum dan Praktek Kerja Lapangan
12 Acuan Penilaian dan Penskoran (Portofolio Penilaian)
13 Penyusunan Portofolio Pembelajaran + Praktik
14 Analisis Pencapaian CPMK dan Sub CPMK
15 Pengukuran Ketercapaian CPL + Praktik
16 Evaluasi Proses Pembelaiaran Pembelajaran dengan Team Teaching
17 Modul/Buku Ajar berbasis Multimedia + Praktik
18 Publikasi pada Jurnal lnternasional Bereputasi
19 Praktik Mengajar (Micro Teaching)


EVALUASI PELATIHAN

Pada akhir pelaksanaan program Pelatihan AA, peserta diharapkan dapat meningkatkan mutu aktivitas instruksionalnya dalam proses pembelajaran. Semua hasil latihan setelah diperiksa dan memperoleh umpan balik dari fasiliator yang akan digunakan sebagai bahan perbaikan dalam laporan. Evaluasi terhadap hasil kerja peserta lokakarya didasarkan pada persyaratan penilaian sebagai berikut:

  1. Kehadiran 100%;
  2. Penyelesaian tugas, baik pada waktu pelatihan maupun tugas mandiri yang harus diselesaikan dalam waktu paling lama 1 minggu setelah Pelatihan ;
  3. Kualitas hasil kerja;
  4. Partisipasi aktif selama Pelatihan .

Sertifikat diberikan kepada peserta yang telah memenuhi persyaratan tersebut. Sertifikasi Pelatihan AA sangat bergantung pada pemenuhan persyaratan baik secara kuantitas maupun kualitas.