LPPMP UHO – Rabu, 3 Mei 2023 mengadakan Rapat Rutin Mingguan yang dipimpin langsung oleh Ketua LPPMP UHO (Dr. La Ode Santiaji Bande, SP.,MP.), didampingi Sekretaris (Dr. Muhaimin Hamzah, S.Pi.,M.Si.). Turut hadir dalam rapat tersebut, seluruh Kepala Pusat dan Koordinator TU beserta jajarannya. Agenda rapat mencakup beberapa isu penting terkait, antara lain: perubahan struktur organisasi LPPMP; penyiapan Akreditasi Institusi UHO; dan isu-isu lain yang dianggap perlu.
Memulai paparannya, Ketua LPPMP mengucapkan “Selamat Idul Fitri Tahun 1444 H dan Mohon Maaf Lahir Batin”. Beliau juga menucapkan “Selamat Datang” bagi rekan-rekan yang baru bergabung di LPPMP UHO, terutama yang berasal dari LPSI dan BKG, serta unit lainnya. Penambahan beberapa Pusat dan Sekretaris Pusat, menurut beliau semakin menambah daya dukung LPPMP dalam rangka mengemban amanah Penjaminan Mutu Pendidikan di lingkungan UHO. Demikian pula dengan kehadiran beberapa staf baru, semakin meringankan beban kerja administratif, sehingga secara signifikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas manajerial lembaga secara keseluruhan. Akumulasi dari semua sumberdaya tersebut, akan digunakan untuk menyongsong Akreditasi Institusi UHO pada tahun 2024 mendatang.
Menurut Ketua LPPMP, pada saat ini masih terdapat 4 Program Studi dengan peringkat Akreditasi “B” dan 4 PS lainnya “Tidak Terakreditasi”. Namun, secara keseluruhan Skor Poin 10 APT UHO sudah mencapai 3.29; sementara salah satu prasyarat “mutlak” peringkat akreditasi “Unggul” institusi berada pada kisaran 3.25; berarti Skor Poin 10 APT UHO sudah terlampaui 0.04. Selain itu, menurut beliau, masih terdapat banyak prasyarat lainnya yang harus dipenuhi dalam kurun waktu 6 bulan ke depan, terutama bukti kerjasama UHO dengan institusi luar negeri. Untuk itu, beliau meminta agar data-data kerjasama dimaksud dapat rampung dalam waktu dekat, baik data kerjasama yang sudah ada maupun penambahan data baru dari unit-unit kerja di lingkungan UHO.
Untuk memaksimalkan persiapan akreditasi institusi, LPPMP berencana melakukan “Exposed” pada awal bulan Juni 2023. Menurut Ketua, langkah tersebut merupakan salah satu upaya “evaluasi diri” institusi untuk mengetahui secara pasti kemajuan yang sudah dicapai, demikian pula beberapa kekurangan yang perlu segera diantisipasi. Untuk memenuhi semua ketentuan APT 3.0-BAN-PT, terdapat beberapa dokumen yang merupakan Persyaratan Pengajuan Akreditasi BAN-PT Perguruan Tinggi (APT) 9 Kriteria, antara lain:
- Surat Pengantar dari Pimpinan Institusi
- Surat Pernyataan
- Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT)
- Laporan Evaluasi Diri (LED)
- Lampiran (Izin pendirian PT, Statuta, Renstra)
- Isian LKPT (dalam format excel sesuai template BAN-PT) untuk PT Akademik
- Mengunggah dokumen pada laman SAPTO BAN-PT
Pada akhir paparannya, Ketua LPPMP menyampaikan bahwa untuk mencapai Peringkat Akreditasi “Unggul” dibutuhkan langkah strategis, kerjasama, pemanfaatan sumberdaya, serta pelaksanaan program dan kegiatan yang tepat sasaran. Untuk itu, semua unit/pusat diharapkan membuat program dan kegiatan yang mendukung terwujudnya peningkatan akreditasi di semua tingkatan. Sesi selanjutnya diisi dengan “diskusi dan tanya jawab” yang dipandu oleh Sekretaris LPPMP UHO.