RINGKASAN HASIL SURVEI
TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN UHO 2020
Hasil Pengukuran
Pelaksanaan survei berlokasi di UHO dalam kurun waktu September s/d November 2020. Responden survei sebanyak 12159 terdiri dari Mahasiswa (10653), Dosen (652), Tenaga Kependidikan (347), Alumni (254), Pengguna Lulusan (172), dan Mitra (81). Unsur layanan terdiri atas Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama; Mahasiswa; Keuangan, Sarana, dan
Prasarana; Tangibles (Bukti Fisik yang Terlihat); Reliability (Keandalan); Responsiveness (Sikap Tanggap); Assurance (Jaminan pada Mahasiswa); Emphaty (Perhatian kepada Mahasiswa); Sumber Daya Manusia; Penelitian; dan Pengabdian
kepada Masyarakat. Hasil pengukuran IKM versi Menpan RB terhadap Mutu Pelayanan UHO 2020, sebagai berikut:
Total Unsur Layanan | 11 | |
NRR IKM | 2.81 | |
IKM Konversi | 74.89 | |
Mutu Pelayanan | B | |
Kinerja Unit Layanan | Baik | |
Tingkat Kepuasan | Puas |
Rekomendasi
Berdasarkan hasil pengukuran di atas, ditemukan beberapa fakta bahwa masih terdapat responden yang “Tidak Puas” dan “Sangat Tidak Puas” terhadap mutu layanan. Fenomena ketidakpuasan responden tersebut tersebar semua unsur layanan dengan rentang persentase antara 5-11%. Oleh karena itu, perlu perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan yang komprehensif terhadap semua unsur layanan UHO. Gambaran umum ketidakpuasan responden adalah sebagai berikut:
Responden | NRR Tingkat Kepuasan Pengguna | ||
Sangat Tidak Puas (%) | Tidak Puas (%) | ||
1. Mahasiswa | 5.77 | 14.89 | |
2. Dosen | 2.86 | 11.91 | |
3. Tenaga Kependidikan | 5.03 | 11.52 | |
4. Alumni | 6.34 | 10.06 | |
5. Pengguna Lulusan | 6.24 | 7.68 | |
6. Mitra | 5.97 | 10.28 |